Sunday, January 12, 2014

jigsaw records

Setiap kali masuk ke website Jigsaw, saya seperti berada di Aquarius mahakam, tapi lebih menyenangkan: karena semua katalognya adalah pop! Dan Aquarius memiliki mesin pencari items, Jigsaw pun juga. Tapi di kotak search Jigsaw, saya lebih berani untuk menulis Boyracer atau semacamnya. Memang tidak terlalu berguna sih membanding-bandingkan.
Tapi Chris tahu betul apa yang dilakukannya untuk para popkids, dan buat saya, distronya adalah indiepop heaven.
Saya melakukan interview dengan Chris, mengenai Jigsaw mailorder dan hal-hal terkait, dan mudah-mudahan bisa menginspirasi untuk akhirnya memulai mailorder distribution kamu sendiri.
Yay!

Kenapa Jigsaw? Apa maksudnya seperti pecahan puzzle yang hilang? Karena itu yang saya rasakan saat menemukan beberapa records Glo-Worm dari Jigsaw. Tidak pernah berpikir sebelumnya saya akan memiliki records tersebut.

Alasan utama saya memilih nama Jigsaw, adalah karena saya sangat menyukai puzzles. In fact, single pertama yang saya produksi memiliki 1-500 angka puzzle yang ditulis tangan di setiap copy-nya. Tapi saya sekarang menyukai pemikiran kamu mengenai ‘pecahan puzzle yang hilang’, dan kamu menemukannya di mailorder saya :)

Yes, the mailorder is awesome! Bagaimana semuanya dimulai?

Thanks! Jigsaw mailorder mulai dijalankan tidak lama setelah labelnya berdiri. Pada saat itu, di pertengahan 90an, ketika sistem mailorder menjamur dan sangat popular, saya tidak bisa menemukan katalog dari beberapa label Eropa di Amerika, seperti Orgasm, Theme Park dan Sticky, jadi saya memutuskan untuk memulai mailorder saya sendiri untuk mendistribusikan katalog label-label Eropa tersebut di sini. Katalog mailorder Jigsaw yang pertama tidak lebih dari 25 rilisan, namun semuanya bisa dibilang cukup obscure! Ini terjadi pada masa di mana kami juga mengirimkan katalog list yang dicetak di kertas. Jigsaw juga banyak tertolong oleh indiepop-list, yang saat itu jaringannya sangat kuat.
Anyway, era tersebut bertahan sampai sekitar 1998 atau 1999, ketika akhirnya saya memutuskan bahwa saya tidak bisa lagi menjalankannya (mungkin karena saat itu saya sering berpindah-pindah tempat). Sejujurnya, bahkan saya tidak ingat alasan yang pasti kenapa saat itu saya menghentikan Jigsaw mailorder- karena sekarang saya sangat senang menjalankannya.
Saya memulainya kembali di awal tahun 2010, ketika saya memiliki kesempatan untuk membuka sebuah record shop kecil di Seattle. Memiliki sebuah record shop pastinya sebuah mimpi, karena itu saya mengambil kesempatan itu dan mulai membuka sebuah toko dengan stock yang mencapai lebih dari 1000 item (new and used)!
Sayangnya, bangunan tempat saya membuka toko tersebut harus ditutup. jadi kami juga harus pergi. Tapi websitenya bertahan, dan terus berlanjut sampai sekarang.

Bagaimana kamu menjalankannya? Apakah kamu selalu menyimpan satu copy dari setiap record yang didistibusikan? Bagaimana semua katalog records itu ditemukan?

Saya biasanya memang menyimpan satu copy dari semua records yang saya distribusikan. Karena saya memiliki policy untuk hanya mendistribusikan records yang saya suka. Walaupun ada sedikit pengecualian (seperti: beberapa records yang saya tidak terlalu nikmati, tapi dirilis oleh label yang saya suka), tapi bisa dibilang 95% dari katalog Jigsaw, juga ada di koleksi saya!
My sources are labels/bands themselves. Dibandingkan lewat distributor besar, saya merasa bahwa lebih menyenangkan dan menguntungkan untuk langsung melakukan deal dengan label atau band. Lagipula, banyak dari label dan band-band tersebut adalah juga teman saya sendiri, jadi tidak terlalu sulit untuk berbicara kepada mereka!

Ketika kita berbicara mengenai indiepop –dan atau apapun yang kamu jual, berarti kita berbicara tentang market yang niche. Bagaimana kamu bertahan?

Sulit untuk menjadi indiepop-only mailorder di Seattle, karena di sini tidak ada komunitas pop yang besar. Tapi saya mendapat banyak support dari customers yang loyal. Karena itu, menjalankan mailorder menjadi tidak terlalu sulit, karena the world is a big place with lots of pop fans! Saya bekerja keras untuk menjadikan Jigsaw sebagai tempat terpercaya untuk menemukan musik yang bagus –dan karena saya juga menyukai hampir semua katalog-katalog tersebut, saya bisa menjual dan mendistribusikannya dengan hati.

Apa kamu memiliki pekerjaan? Pekerjaan yang normal atau formal?

Saya dan istri saya menjalankan sebuah firma web design bernama Aeolidia, dan banyak menghabiskan waktu untuk melakukan coding, untuk profesional dan untuk beberapa teman. Kami bekerja di rumah, jadi saya rasa itu tidak terlalu bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang ‘formal’ :)

Apa label favorit yang kamu distribusikan rilisannya?

Ooh, pertanyaan yang sulit. Seperti yang saya bilang, banyak dari label-label tersebut adalah milik teman, jadi sangat sulit untuk memilih satu sebagai favorit. Tapi saya ingat saat Jigsaw mendistribusikan banyak rilisan Cherry Red, dan menjadi satu-satunya tempat di Seattle di mana kamu bisa mendapatkan semua rilisan Felt! Saya sangat bangga akan hal itu!

Apa pentingnya untuk memiliki sebuah city-based mailorder? Seberapa exciting? Saya rasa popkids di Indonesia perlu menjalankan mailorder untuk memotong biaya shipping yang mahal.

Di era internet seperti sekarang ini, saya rasa kamu bisa menjalankan mailorder dari manapun. Jadi tidak terlalu penting untuk memiliki city-based. Menjadi bagian dari scene itu penting, tapi kamu bisa melakukannya dari segala tempat!
Dan yes, kamu HARUS memulai mailorder sendiri! Yang dibutuhkan hanyalah bertanya kepada beberapa teman mengenai records apa yang mereka inginkan, dan mulailah dari sana. Setelah itu, kamu bisa mengorder beberapa records dengan potongan harga, dan menjualnya kepada mereka, dan teman-teman mereka, dan seterusnya.

Mengenai Jigsaw the label. Ceritakan! Saya tahu labelnya dimulai lebih dulu sebelum mailorder. Bagaimana labelnya berjalan? Apa kriteria terbaik untuk men-sign sebuah band?

Label Jigsaw dimulai atas dasar kebutuhan, untuk merilis 7inch single dari band saya sendiri, Suretoss! Setelah single tersebut dirilis, dan mailorder dimulai, saya pun berteman dengan beberapa orang untuk merilis records atau tapes mereka. Saya cukup aktif di 1995-1999, sebelum akhirnya sedikit menyerah, karena saat itu semakin sulit untuk merilis sebuah rekaman. Setelah itu keadaan cukup hening, walaupun saya sempat mengeluarkan beberapa rilisan selama tahun 2000an: satu untuk band teman saya, Dutch Elms, dan satu lagi untuk band saya sendiri, Patience Please (lagi-lagi karena kebutuhan).
Ketika Jigsaw mailorder aktif kembali, saya memutuskan untuk mencoba lagi labelnya dengan merilis short-run cds. Tapi berbeda dengan kebanyakan label yang melakukannya dengan limited, saya menjaga rilisan cd-cd tersebut untuk tetap in-print. Karena buat apa mengeluarkan sebuah cd album kalau hanya sedikit orang yang bisa mendengarkannya?

(tapi)Beberapa katalog awal Jigsaw ditulis sold out. Apakah kamu akan re-press atau mere-print nya?

Sayangnya tidak. Tidak terlalu perlu untuk mencetak atau me-repress ulang beberapa rilisan yang mungkin hanya sedikit orang yang ingin mendengarkannya.

Kalau tidak salah, Jigsaw akan merilis sebuah boxset dari Nixon. Senang sekali mengetahuinya! Bagaimana ceritanya?

Benar sekali! Saya memiliki sebuah wishlist panjang berisi nama-nama bands yang saya mau ajak kerja sama –dan Nixon adalah salah satunya, karena itu saya menghubungi Roger untuk mengajaknya merilis semua katalog Nixon. Kami masih memikirkan mengenai bonus disc-nya, yang akan berisi banyak demos dan beberapa track yang belum pernah dirilis. Mudah-mudahan boxsetnya akan dirilis pada akhir tahun 2013 ini.

Ceritakan sedikit tentang beberapa project musik dan band yang kamu buat, seperti Patience Please atau Suretoss. Saya juga mengetahui bahwa kamu pernah bermain drum untuk Math And Physics Club!

Saat ini saya sedang berada di empat bands!: Lucarne (jangly smiths/c86-influenced pop, di mana saya bermain 12-string guitar), Unlikely Friend (sebuah band baru dengan beberapa teman –yang kadang memainkan sesuatu, kadang tidak, saya bermain drum), Pitschouse (saya baru bergabung sebagai bassis mereka, dan bahkan belum pernah melakukan satu sesipun!) dan Iji (sebuah band di mana saya bermain instrumen yang dibutuhkan, kebanyakan gitar).
Patience Please bubar beberapa tahun yang lalu –dan saya pikir tidak akan melakukan reuni. Dan saya juga memutuskan untuk menon-aktifkan Suretoss, karena saya pikir namanya sudah terlalu lama bertahan. Ada banyak lagu yang kami rekam dan belum pernah dirilis, tergantung dari seperti apa mood saya nanti.
Mengenai Math And Physics Club, saya bermain drum untuk mereka, saat drummer yang asli sedang sibuk dengan beberapa project dan keluarganya –sekarang dia sudah aktif kembali, dan sepertinya Math And Physics akan segera melakukan gigs.

Apa yang kamu pikirkan mengenai indiepop belakangan ini?

Indiepop? I love it! Saya tahu untuk membenci sebuah genre bisa menjadi sangat fashionable saat ini. Tapi, saya merasakan banyak kegembiraan dalam sebuah pop sound yang murni, dan saya tidak pernah berpaling!

Apa record/cd/tape/zine paling berharga yang kamu miliki sekarang?

Hmmm.. saya akan sedikit menerka-nerka:
RECORD: Primal Scream – Tomorrow Ends Today bootleg LP, menemukannya 20 tahun yang lalu, membelinya, dan saat ini saya tidak pernah menemukannya lagi di record store manapun!
CD: Sejujurnya saya tidak memiliki jawaban untuk ini. Terlalu banyak!
TAPE: Mungkin rekaman Mountain Goats?
ZINE: Kickstand. Zine yang mempertemukan saya dengan istri saya!

Okay, interviewnya berakhir di sini. Last words?

Jigsaw Records selalu mencari band atau label untuk dirilis dan didistribusikan. Jadi kirim demos dan requests ke chris@jigsaw-records.com – I’d love to hear from you!
.
Peru - Driving dari Across Blue Skies (PZL018)

No comments:

Post a Comment