Wednesday, April 25, 2018

superblaster

saya tidak percaya shoegaze. tapi saya tahu apa yang saya dengar ketika diberitahu kalau ini shoegaze dan itu bukan. dan the milo mendekati shoegaze pun tidak. jadi kamu tahu kan maksudnya?

superblaster akhirnya rilis. damascus melakukannya dengan sangat baik. saya tidak peduli engineer dibalik rekamannya, karena shoegaze atau bukanpun, songwriting selalu yang utama -CT boss confirmed-. saya masih mendengarnya lewat spotify -karena peter cinta platform sampah ini-, rilisnya juga terasa menyedihkan karena harus bersamaan dengan hype rsd jakarta. tapi saya selalu bilang, bahkan ke peter, kalau damascus lebih besar dari itu. ketika peter bilang 'siapa coba yang mau denger damascus?', sesi pre-order bahkan memperburuk pernyataan tidak penting tersebut. dengan semua kesombongan saya yang nihil untuk damascus, akhirnya spotify menjadi penting.

kalau kamu pernah lihat damascus main, kamu tahu peter bukan penyanyi yang baik yang anehnya terdengar di rekamannya dan/tapi membuat superblaster terdengar tidak bisa lebih sempurna lagi dari ini -untuk romantisme dan pop. slightest masih favorit saya sampai kapanpun karena liriknya naif. tapi senang sekali akhirnya bisa mendengar between your lips dan membukanya dengan painted road adalah keputusan yang biasa saja namun berpengaruh besar bila terjadi sebaliknya.

mengutip 'dasar anak manja!' yang ditulis andri di liner notes, superblaster harusnya jadi contoh -untuk produksi, bukan promosi dan bukan standard karena standarisasi adalah kapitalis-, rilisan pop shoegaze untuk tidak hanya mengandalkan overrated wall of sound yang dibantu digital synth / packaging yang berlebihan / promo yang berulang-ulang / hingga description write-up yang bohong. sesungguhnya, bila kamu memahami hal ini, kamu akan melihat shoegaze menjadi sangat menjijikkan.

saya tidak akan melakukan review lagu ke lagu karena itu terlalu bodoh. buat apa kamu punya telinga kalau cuma selalu mendengarkan apa yang orang lain bilang.

.
DAMASCUS - between your lips / slightest

saya baru sadar anoa update di bandcamp. lagipula, soal spotify ada benarnya juga kan.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete